Begini Cara Daftar SMS Banking Bank BJB Lewat ATM

Mungkin nama Bank BJB belum begitu familiar di masyarakat. Bank umum yang satu ini sebelumnya adalah Bank Jabar Banten sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki dua pemerintah daerah yaitu pemerintah Propinsi Jawa Barat dan pemerintah Propinsi Banten. Kantor pusatnya berada di Bandung. Bank BJB sekarang ini sudah memiliki 62 kantor cabang dengan 304 kantor cabang pembantu (KCP). Masih diperkuat lagi dengan keberadaan 140 lokasi kantor kas, 103 Payment Point, 4 lokasi kantor wilayah, 473 unit Waroeng BJB dengan  987 unit mesin ATM BJB. Memposisikan diri sebagai bank umum, bank BJB juga menawarkan bermacam produk keuangan dan layanan perbankan yang bervariasi dan sangat menguntungkan nasabah.


Produk-produk bank BJB yaitu : tabungan Simpeda,Tabunganku, BJB Tandamata, BJB Tandamata Berjangka dan BJB Tandamata Bisnis. Disediakan pula produk perbankan lain berupa deposito, Giro, kredit BJB KPR, produk reksadana, BJB Remittance dan lainnya. Salah satu fasilitas yang akan memudahkan para nasabah bertransaksi perbankan adalah BJB SMS. Jenis layanan perbankan ini memanfaatkan sarana handphone yang digunakan melakukan transaksi keuangan cuma dengan mengetikkan dan mengirimkan SMS. Agar bisa menggunakannya, para nasabah diharuskan mendaftar lebih dulu.

Cara daftar SMS banking bank BJB bisa ditempuh nasabah dengan mendaftar di ATM BJB. Selesai memasukkan kartu ke slotnya kemudian memasukkan nomor PIN ATM, pada layar yang muncul klik menu 'Transaksi Lainnya'. Selanjutnya klik menu 'Daftar E-Banking' dan disusul memilih menu 'SMS Banking (BJB SMS)'. Pendaftaran dilanjut dengan memilih nomor rekening bank BJB yang hendak difungsikan sebagai rekening transaksi dan akhiri dengan menekan tombol 'Setuju'. Ketik nomor handphone yang hendak difungsikan bertransaksi lewat SMS dan tekan 'Benar. Masukkan lagi nomor handphone yang baru saja diketikkan tadi untuk konfirmasi dan akhiri dengan menekan 'Benar'.

Proses selanjutnya nasabah akan menerima SMS yang berisi kode aktivasi ke nomor handphone yang tadi didaftarkan saat registrasi di mesin ATM. Tahap registrasi selesai, sebagai bukti transaksi akan tercetak struk dari mesin ATM. Nasabah bisa menyimpan struk tadi untuk bukti pendaftaran. Langkah berikutnya nasabah harus melakukan aktivasi. Untuk itu nasabah bisa mengirimkan SMS dengan pesan : AKT[spasi][Kode Aktivasi][spasi][PIN][spasi][PIN Verifikasi] contohnya : AKT 999999 123456 123456. SMS aktivasi dikirimkan ke nomor 3373. Setelah proses aktivasi SMS banking bank BJB sukses dilakukan, nasabah kemudian memperoleh SMS pemberitahuan dengan isi : “bjb SMS DD/MM/YYYY 21:01 Aktivasi BERHASIL , Selamat menggunakan  bjb SMS".