Kamis, 31 Agustus 2017

Prosedur Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman yang diberikan bank tanpa kita memberikan suatu agunan memang menggiurkan. Produk yang dinamakan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini gencar ditawarkan oleh sejumlah perbankan tanah air kepada para nasabahnya. Melihat asal-usulnya, KTA ini pertama kali diperkenalkan di tanah air sebagai salah satu produk dari Standard Chartered Bank. Tak berapa lama produk pinjaman tanpa agunan ini pun ditiru oleh bank-bank lain baik asing maupun nasional.


Jenis pinjaman konsumsi ini menawarkan jumlah plafon kredit antara Rp.10 juta hingga Rp.250 juta dan dibebankan bunga flat berkisar 1,55 % hingga 2,2 %. Nasabah dalam hal ini dibebaskan dari kewajiban memberikan agunan atau jaminan misalnya BPKB kendaraan, sertifikat rumah, SK jabatan dan sebagainya. Meski tanpa agunan, tidak berarti untuk memperoleh pinjaman jenis ini nasabah tak dituntut persyaratan lain sama sekali. Debitur tetap dipersyaratkan memiliki riwayat kapabilitas untuk keuangan yang bisa dilihat dari buku tabungan atau kartu kredit. Dari sana pihak bank akan bisa menganalisa kelayakan seorang nasabah menerima pinjaman KTA ini.

Kepemilikan kartu kredit merupakan poin penting pengajuan pinjaman jenis ini. Sebab lewat kartu kredit maka pihak bank pemberi kredit bisa memonitor model pembayaran dari calon nasabah. Dari perilaku pembayaran kartu kredit akan terlihat apakah nasabah memang taat bayar atau sebaliknya sering terlambat membayar dan juga sering melanggar batas limit penggunaan kartu kredit. Maka itu salah satu syarat pengajuan KTA adalah jika nsabah sudah pernah menggunakan kartu kredit setidaknya untuk kurun waktu setahun. Bila nasabah bermaksud memperoleh fasilitas kredit ini, umumnya mereka harus membawa sejumlah persyaratan misalnya fotokopi kartu kredit, fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji atau fotokopi SIUP jika berprofesi sebagai usahawan.

Untuk itu jika anda hendak mengajukan pinjaman tanpa agunan ini anda bisa memilih bank pemberi kredit yang anda sukai. Lengkapi form pengajuan dan juga lampirkan syarat-syarat yang diperlukan. Ketika mengisi form, tuliskan menurut kondisi sesungguhnya. Anda pun dapat juga mengajukan kredit ini via online. Sekarang ini sudah tak terhitung bank dengan fasilitas pengajuan kredit tanpa agunan melalui internet. etelah form diisi dan persyaratan anda berikan maka pihak bank akan memberikan pemberitahuan verifikasi melalui wawancara. Wawancara dapat secara langsung ataupun hanya melalui telepon. Verifikasi tersebut dilakukan untuk pengecekan kelengkapan syarat pengajuan KTA. Pihak bank pun akan mensurvei rumah atau kantor dimana Anda bekerja. Maka dari itu ada baiknya nomor telepon yang tuliskan di form pengajuan adalah nomor telepon yang selalu aktif.

Pinjaman tanpa agunan yang anda ajukan ke bank tinggal menunggu persetujuan pihak bank. Anda akan dihubungi secepatnya, dan bila disetujui maka dalam satu atau dua minggu dana sudah bisa dicairkan. Anda bebas menggunakannya sesuai dengan keinginan anda. Bulan depan siap-siap anda mulai mengangsurnya.
Prosedur Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum