Cek Saldo Bank BTN Lewat Aplikasi iMobile BTN

Sebuah layanan terbaru ditawarkan oleh bank BTN kepada para nasabahnya. Dengan layanan ini maka nasabah bisa melakukan transaksi perbankan cukup menggunakan ponsel yang dimilikinya. Layanan ini sendiri menggunakan aplikasi iMobile BTN yang harus diinstal dulu di ponsel. Tampilan aplikasi iMobile BTN hampir serupa dengan menu-menu di mesin ATM dengan begitu menjadi lebih mudah dalam penggunaan sekaligus juga aman.


Layanan iMobile BTN bisa dinikmati oleh seluruh nasabah bank BTN setelah sebelumnya melakukan pendaftaran SMS banking terlebih dulu. Aplikasi ini sudah support dengan berbagai platform seperti Blackberry, Android dan iPhone. Cara daftar SMS Banking BTN dilakukn cukup di ATM BTN saja dengan langkah sebagai berikut. Setelah memasukkan kartu ATM BTN, pilih menu 'SMS Banking' kemudian menu 'Pendaftaran SMS Banking'. Berikan persetujuan pendaftaran dan ketikkan nomor ponsel yang nantinya akan digunakan. Buat sendiri 6 digit PIN SMS, konfirmasi dengan mengetikkan sekali lagi. Registrasi selesai dan nasabah kemudian memperoleh print out berupa kertas resi ATM dan juga pemberitahuan lewat SMS.
   
Nasabah selanjutnya bisa mendownload aplikasi iMobile BTN di toko aplikasi disesuaikan dengan platform smartphone yang digunakan. Atau bisa juga diunduh di website resmi bank BTN dengan alamat http://www.btn.co.id/sms/smsbtn.wml. Instal dak buka aplikasi iMobile BTN di smartphone dan lakukan aktivasi untuk pertama kali dengan membuat sendiri PIN iMobile BTN yang terdiri dari 8 digit angka. Jadi pengamanan aplikasi ini terdiri dari PIN aplikasi iMobile dan juga PIN SMS banking. Nasabah langsung bisa menggunakan menu-menu di dalamnya. Cek saldo bank BTN lewat aplikasi iMobile BTN ini pun cukup mudah cukup dengan Tap menu 'Informasi Rekening'. Dan tak hanya itu, beberapa bentuk transaksi perbankan lain pun bisa seperti mengecek kurs dan suku bunga untuk tabungan, giro dan deposito. Transfer sejumlah uang ke rekening Bank BTN lain pun cukup dengan memilih menu di dalamnya. Aplikasi iMobile BTN bahkan bisa digunakan melakukan top up pulsa ponsel dari beberapa operator seluler dan juga melakukan pembayaran sejumlah tagihan.

Selain menggunakan aplikasi iMobile untuk mendukung transaksi SMS banking, nasabah pun bisa menggunakan cara penulisan SMS biasa. Ini terutama bagi para nasabah yang tak memiliki smartphone canggih, namun ponsel biasa yang cuma bisa untuk nelpon dan SMS. Misalnya nasabah akan melakukan cek saldo rekening tabungan mereka maka bisa menuliskan SMS dengan format : So(spasi)Nomor Rekening lalu dikirimkan ke 3555. Contoh lain jika ingin mengecek histori 5 transaksi terbaru maka menggunakan format : RK(spasi)Nomor Rekening.