Langsung ke konten utama

Kode Bank Mandiri dan Tata Cara Transfer Beda Bank di ATM

Seseorang yang akan mengirimkan sejumlah dana lewat mesin ATM ke nomor rekening di bank lain tentunya harus mencantumkan juga kode bank yang menjadi tujuan. Setiap bank yang beroperasi di Indonesia pasti mempunyai kode bank sendiri yang terdiri dari 3 angka. Kode bank ini sendiri diatur oleh Bank Indonesia sebagai pemegang otoritas moneter. Sekalipun daftar kode bank biasanya juga tersedia di menu ATM tapi jika sebelumnya anda sudah tahu kode bank yang menjadi tujuan transfer maka proses transfer tentu jauh lebih cepat.

Untuk para nasabah yang sama sekali belum pernah mentransfer uang menggunakan mesin ATM biasanya akan mengalami sedikit bingung saat berada di bilik ATM. Contohnya nasabah yang hendak mengirimkan sejumlah uang dari rekening mereka di bank BNI ke nomor rekening di bank Mandiri tentu harus tahu dulu kode bank Mandiri. Bank Mandiri memiliki kode bank 008, dengan begitu nasabah pada kasus di atas harus menyertakan kode bank Mandiri kemudian diikuti mengetikkan nomer rekening bank Mandiri sebagai tujuan transfer. Misalkan nomor rekening Mandiri sebagai tujuan transfer yaitu 1360001234567. Untuk itu nasabah bisa mengetikkan pada tombol mesin ATM dengan 0081360001234567.

Berikutnya isikan nominal uang yang akan ditransfer. Nasabah pun wajib mengecek kembali nama pemilik rekening bank Mandiri yang akan dikirimi uang tersebut. Bila segalanya sudah benar maka nasabah boleh menekan tombol "ya" agar proses transfer berjalan. Kertas print out akan tercetak sebagai bukti nasabah telah melakukan transaksi transfer dana.

Setiap mesin ATM bank mempunyai fungsi yang hampir sama yakni bisa digunakan untuk menarik tunai, cek saldo rekening, transfer sejumlah dana baik antar bank yang sama maupun ke bank lain, cek dan cetak histori transaksi, membayar aneka tagihan, membeli pulsa, membeli tiket dan sebagainya. Setiap ATM bank biasanya tergabung di dalam jaringan ATM yaitu jaringan ATM bersama, jaringn ATM Prima BCA dan jaringan ATM Alto. Jaringan ATM bersama memiliki 83 bank yang tergabung diantaranya bank Mandiri, bank BRI, bank BNI dan lainnya. Jaringan ATM Bersama pun sudah memiliki interkoneksi ke jaringan MEPS Malaysia sehingga dapat digunakan melakukn transaksi khususnya untuk tenaga kerja Indonesia di sana. Jaringan ATM Bersama pun sudah link ke NETS di Singapura dan ITMX di Thailand.

Sedangkan untuk jaringan ATM Prima yang dimiliki BCA pun memiliki banyak bank anggota. Setiap jaringan ATM bisa saling digunakan namun tentunya ada biaya yang harus dibayarkan nasabah yang hendak menggunakannya. Untuk setiap kali melakukan transaksi transfer uang beda bank biasanya akan dikenakan biaya Rp.6.500 untuk setiap kali transaksi.


loading...
Theme Editor by Seo v6