Cara Transfer ke Bank Mandiri Menggunakan ATM Bersama

Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dengan jumlah aset terbesar. Pada kuartal kedua 2015 ini saja bank yang identik dengan warna birunya ini mencatakan aset senilai Rp.552 triliun. Bank yang satu ini pun menjadi salah satu institusi perbankan yang mempunyai jumlah nasabah terbanyak. Kinerja yang bagus dengan layanan yang prima adalah salah satu pertimbangan masyarakat mempercayakan urusan keuangan mereka ke bank Mandiri. Selain melayani personal banking, bank ini pun menjadi andalan korporate untuk penyelesaian transaksi bisnis mereka. Banyak pelaku bisnis online yang juga membuka rekening bank Mandiri sebagai penampung dana transaksi yang dilakukan.

Kebanyakan para pemilik toko online biasanya memberikan beberapa pilihan rekening untuk tujuan pembayaran yang dilakukan pembeli salah satunya pasti ada rekening bank Mandiri. Bagi sebagian orang, cara transfer ke bank Mandiri jika beda bank masih belum banyak yang paham. Bank Mandiri termasuk dalam salah satu anggota ATM bersama. Sehingga masyarakat yang hendak melakukan pembayaran ke rekening bank Mandiri bisa menggunakan ATM bersama ini. Misalnya seseorang yang memiliki rekening di bank BRI (bank pemerintah yang juga sebagai anggota ATM Bersama) akan melakukan pembayaran atas barang yang dibelinya dari toko online dengan memilih opsi transfer bank ke bank Mandiri.

Cara transfer ke bank Mandiri ini seseorang cukup mencari ATM Bersama terdekat. Setiap ATM Bersama memiliki ciri berupa logo ATM Bersama dengan tulisan warna putih. Silahkan masukkan kartu ATM BRI mereka ke slotnya. Menu yang terpampang di layar silahkan dipilih menu Transfer, kemudian pilih menu Transfer ke bank lain.

Masukkan kode bank Mandiri (008) kemudian diikuti dengan nomor rekening bank Mandiri sebagai tujuan transfer. Bila lupa dengan kode bank Mandiri, pengguna tinggal menekan menu Daftar Kode Bank. Setelah kode bank+nomor rekening tujuan diketikkan, tekan tombol Benar. Selanjutnya ketikkan jumlah dana yang akan dikirimkan, lalu tekan tombol Benar. Berikutnya masukkan nomor referensi, boleh sembarang angka atau kombinasi angka yang menggambarkan transaksi ini misalnya tanggal transaksi : 17092015 atau yang lainnya terserah saja. Kemudian tekan tombol Ya. Akan tampil di layar detil  transfer yang akan dilakukan, cek kembali dan jika sudah betul tekan tombol Ya.

Proses transfer berhasil dilakukan, dan pengguna akan ditanyakan jika ingin melakukan transaksi lainnya lagi. Jika ada keperluan transfer lain silahkan dipilih tombol Lanjutkan dan jika tak ada lagi silahkan dipilih tombol Selesai. Cukup mudah untuk transfer ke bank Mandiri menggunakan ATM Bersama. Transfer menggunakan ATM bank lain pun langkahnya hampir sama saja. Terpenting adalah memasukkan kode bank Mandiri yaitu 008 lalu diikuti mengetikkan nomor rekening tujuan bank Mandiri.