Langsung ke konten utama

Cara Transfer Uang di Bank Berbeda Via Mesin ATM

Kecuali menjadi tempat aman untuk menabung, fungsi bank pun bisa digunakan untuk mengirimkan uang. Bila di masa lalu masyarakat memanfaatkan  wesel pos saat mereka akan mengirim uang dengan waktu hingga beberapa hari lamanya namun berkat jasa bank, mentransfer uang bisa dilakukan kapan pun dengan jumlah berapa saja. Cara transfer uang di bank bisa dilakukan di mesin ATM, memakai SMS dan bahkan lewat internet.

Sebelum teknologi perbankan berkembang dengan pesatnya, mentransfer uang dari bank yang satu ke rekening di bank lain tak bisa dilakukan di mesin ATM dan harus ke kantor cabang namun kini dengan tersedianya layanan interkoneksi maka mengirimkan uang beda bank sudah bisa dilakukan di ATM realtime. Cara transfer uang di bank berbeda ini bisa dilakukan berkat adanya jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link dan ATM Alto. Contohnya bank Mandiri dan bank BRI yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama bisa saling mentransfer dana secara realtime dengan biaya hanya Rp.6.500. Begitupun dengan bank BCA dan bank Mandiri yang juga tergabung dalam jaringan ATM Prima bisa saling transfer secara mudah.

Secara umum cara transfer uang di bank mana saja menggunakan mesin ATM cukup mudah. Sebelum mentransfer cek dulu bahwa saldo cukup untuk melakukan transfer sejumlah tertentu ditambah dana yang harus mengendap. Cek juga sekali lagi nomor tujuan transfer sudah benar dan juga nama pemilik rekening itu serta nama bank berikut kode bank. Berikut adaah tata cara transfer uang di bank berbeda. Masukkan kartu ATM ke tempatnya, ketikkan 6 digit PIN ATM dengan betul. Keliru memasukkan kombinasi PIN ATM sebanyak 3 kali akan berakibat kartu terblokir.

Di layar tertera beberapa menu, untuk mentransfer uang pilih menu 'Transfer'. Selanjutnya pilih menu 'Transfer ke ATM Bersama / bank lain'. Ketikkan kode bank (misal bank Mandiri memiliki kode bank 009) diikuti nomor rekening tujuan diakhiri dengan menekan tombol 'Benar'. Isikan jumlah uang yang hendak dikirimkan dan pastikan tidak salah ketik misalnya kelebihan nol (0) atau malah kurang, tekan tombol 'Lanjutkan/Benar'.
  
Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor referensi, tak harus diisi dan boleh dikosongkan. Namun bila memang diharuskan maka bisa diisi dengan nomor berapa saja boleh tanggal saat transaksi contoh : 11092015 atau 4 digit nomor terakhir dari rekening tujuan dan sebagainya lalu pilih 'Benar'. Maka layar akan menampilkan detil transaksi yang akan dilakukan, cek kembali jika ada data yang keliru dan akhiri dengan menekan tombol 'Benar'. Nasabah akan menerima recipe bukti transaksi, simpan kertas tersebut jika diperlukan nantinya. Selesai, uang sudah terkirim ke rekening tujuan dengan selamat.
   


loading...
Theme Editor by Seo v6