Cara Transfer Uang Lewat HP Memanfaatkan Layanan Rekening Ponsel

Seiring dengan teknologi informasi yang makin maju sekarang ini di Indonesia maka sarana pembayaran pun kian beragam. Ini diantaranya adalah alat pembayaran elektronik yang memiliki sebutan e-money. Memang sudah ada beberapa bank yang menerbitkan e-money malah tidak cuma berupa kartu akan tetapi juga pembayaran melalui ponsel. Sekarang ini jumlah pengguna ponsel di tanah air malah melebihi jumlah rekening bank. Bagi mereka yang tidak terjamah oleh layanan perbankan bisa saja menggunakan e-money ini.


Hingga saat ini sudah ada 17 institusi yang menerbitkan uang elektronik ini yaitu : bank BCA (kartu Flazz), bank Mandiri (Indomaret Card, Gaz Card, E-Toll), bank Mega (Studio Pass Card, Smart Card), bank BNI (Java Jazz Card, Kartuku), bank BRI (BRIZZI), bank DKI (Jak Card), Indosat (Dompetku), Skye Sab Indonesia (Skye Card), PT Telkom (Flexy Card, i-Vas Card), Telkomsel (T-Cash), XL Axiata (XL Tunai), Finnet Indonesia (FinnChannel), Artajasa (MYNT), bank Permata (BBMMoney), Nusa Satu Inti Artha (DokuPay), bank CIMB Niaga (Rekening Ponsel) dan bank NationalNobu (Nobu E-Money).

Cara transfer uang lewat HP cukup mudah dilakukan. Ambil contoh pengguna ingin memanfaatkan fitur terbaru bank CIMB Niaga yaitu Rekening Ponsel. Rekening Ponsel yakni fitur terbaru mobile banking CIMB Niaga yang dinamakan dengan Go Mobile dimana akan mempermudah pengguna mentransfer sejumlah uang ke nomor hp operator mana saja di seluruh Indonesia. Menggunakan Rekening Ponsel pun bisa digunakan untuk menarik tunai di semua mesin ATM CIMB Niaga cukup memanfaatkan handphone tanpa perlu kartu ATM. Fitur ini pun bisa digunakan bertransaksi misalnya membayar tagihan  dan membeli pulsa prabayar.   

Agar bisa menggunakan Rekening  Ponsel masyarakat tak mesti membuka rekening di bank CIMB  Niaga atau di bank lain sebab Rekening Ponsel mengaplikasikan penggunaan nomor hp laksana sebuah rekening bank. Cara mendaftar cukup gampang, silahkan datang ke kantor cabang Bank CIMB Niaga terdekat untuk mendaftarkan nomor ponsel yang akan digunakan ke sistem Rekening Ponsel dan pengguna sudah bisa langsung menggunakannya. Cara transfer uang lewat HP menggunakan Rekening Ponsel ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama jika menginginkan penggunaan lewat SMS menu maka tinggal mengetikkan : Go Mobile dan dikirimkan ke 1418. Berikutnya pengguna bisa mengikuti perintah yang diberikan. Pilihan kedua adalah dengan memakai aplikasi Go Mobile yang bisa diunduh di http://mobile.cimbclicks.co.id/apps.

Setiap transaksi yang dilakukan menggunakan Rekening Ponsel ini dipastikan bebas biaya termasuk transfer dana ke nomor ponsel lain, menerima transfer dana, tarik tunai di ATM CIMB Niaga maupun melakukan pembayaran. Hanya jika rekening ini tak aktif selama 6 bulan berturut-turut maka di bulan ke-7 akan dikenakan biaya Rp.10 ribu/bulan.