Jumat, 25 Agustus 2017

Kode Bank DKI dan Tatacara Transfernya di Mesin ATM

Bank yang dulunya bernama Bank Pembangunan Daerah Djakarta Raya ini kini telah menjadi bank DKI. Seperti juga Bank Pembangunan Daerah lainnya, bank DKI pun dimiliki oleh pemerintah Propinsi yang dalam hal ini Propinsi DKI Jakarta. Sejak tahun 2004 bank DKI telah mengantongi ijin sebagai bank devisa seperti bank pada umumnya. Bank DKI pun memiliki berbagai pilihan produk dan layanan  finansial yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabahnya. Ada consumer banking, retail banking, micro banking, commercial banking, modern banking, treasury banking dan berbagai layanan.


Saat ini bank DKI mengalami pertumbuhan pesat dalam jumlah aset maupun nasabah. Banyak warga Jakarta yang mempercayakan dana mereka kepada bank yang satu ini. Bank DKI pun sudah membuka kantor layanan di beberapa kota besar di Indonesia. Kini bank DKI sudah mulai banyak dilibatkan dalam memperlancar bisnis salah satunya digunakan sebagai rekening penampung pembayaran. Seorang pebisnis bisa menggunakan rekeningnya di bank DKI untuk digunakan sebagai rekening tujuan transfer saat ia menerima pembayaran atas produk yang dijualnya.

Pun begitu dengan beberapa pebisnis online seperti para penjual busana, gadget atau penjual jasa yang membuka lapaknya di internet mulai banyak mencantumkan nomor rekening bank DKI sebagai salah satu alternatif rekening tujuan pembayaran. Mungkin anda pun sering menjumpai pilihan rekening bank DKI saat anda membeli barang secara online. Ini terutama untuk para penjual online yang berdomisili di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Sekedar mengingatkan saja bahwa untuk melakukan transfer uang ke bank DKI bila beda bank maka harus menuliskan kode bank. Kode bank DKI harus ditambahkan sebelum menuliskan nomor rekeningnya. Misalnya anda akan melakukan pembayaran atas barang yang anda beli lewat toko online. Kebetulan penjual yang berdomisili di Jakarta ini hanya memiliki nomor rekening bank DKI. Maka saat mentransfer uang di ATM bank anda harus menggunakan format : kode bank DKI + nomor rekening tujuan di bank DKI. Kode bank DKI sendiri adalah 111 sehingga bentuk penulisannya adalah : 1118530001355512.

Contohnya anda akan menggunakan rekening anda di bank BRI untuk membayar ke bank DKI. Saat di mesin ATM BRI, pertama pilih menu 'Transaksi Lain'. Lanjut dengan memilih menu 'Transfer' - 'Bank Lain'. Berikutnya ketikkan kode bank DKI+nomor rekening tujuan di bank DKI misalnya : 1118530001355512 akhiri dengan menekan tombol 'Benar'. Ketikkan berapa jumlah uang yang hendak ditransfer dan lanjut dengan memilih tombol 'Benar'. Masukkan nomor referensi, bisa nomor berapa saja terserah atau dikosongi pun tak mengapa, tekan tombol 'Benar'. Perincian transaksi akan tertampil di layar, cek kembali data-datanya dan bila memang sudah betul, tekan tombol 'Benar'. Kertas struk akan tercetak untuk anda simpan sebagai bukti telah melakukan transfer.
Kode Bank DKI dan Tatacara Transfernya di Mesin ATM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum