Mencoba Layanan Online Simulasi Kredit Rumah

Membeli rumah saat ini tidak lagi sebagai hal yang susah. Itu disebabkan tersedianya fasilitas kredit yang ditawarkan pihak bank yang sering dinamakan dengan KPR (kredit pemilikan rumah). KPR disediakan sejumlah bank untuk para nasabah individu yang hendak memiliki rumah atau merenovasi tempat tinggalnya. Mencermati beberapa fasilitas KPR yang disediakan oleh pihak perbankan, faktanya suku bunga tetap sebagai sesuatu yang sangat penting sebab akan berdampak pada besar kecilnya angsuran per bulan yang mesti dibayar debitur ke pihak bank. Biasanya suku bunga yang dikenakan bervariasi dari 9,5 % sampai 14 %.

Dalam menjual produk KPR, pihak bank tidak cuma menawarkan suku bunga menarik, namun juga beraneka fasilitas menarik dari DP ringan, prosedur persetujuan yang instan sampai asuransi gratis. Satu diantara bank kenamaan yang selama ini identik dengan kredit yang satu ini yakni Bank BTN. Bank dengan visi menjadi bank terdepan untuk pembiayaan properti ini berani memasang suku bunga kredit fixed antara 8,15 % hingga 9,95 % per tahun untuk 15 tahun ke calon debitur khusus untuk mereka yang berpenghasilan tetap antara Rp.2,5 juta hingga Rp.4,5 juta / bulan.

Bank BTN sendiri pun memiliki beberapa jenis KPR diantaranya adalah KPR BTN Platinum, Kredit Griya Utama serta kredit pemilikan apartemen. Kredit Griya Utama adalah layanan kredit untuk pembelian rumah baru atau lama, rumah belum jadi ataupun rumah take over. Sedangkan KPR BTN Platinum adalah layanan kredit untuk pembelian tanah ataupun rumah baik baru atau lama yang menawarkan plafon lebih dari Rp.150 juta. Ketiganya mempunyai  kelebihan berupa suku bunga murah, DP ringan, tenor pinjaman s/d 15 tahun, prosedur mudah dan cepat plus dikover asuransi jiwa kredit serta asuransi kebakaran.

Masyarakat yang ingin mencoba simulasi kredit rumah bisa memanfaatkan kalkulator kredit rumah yang disediakan oleh layanan online dari simulasikredit dengan alamat http://www.simulasikredit.com/simulasi_kredit_rumah.php. Cukup dengan memasukkan beberapa parameter perhitungan seperti harga rumah, tenor (jangka waktu kredit), bunga pinjaman, uang muka, biaya provisi, biaya appraisal, biaya administrasi, biaya notaris, biaya asuransi dan nilai NJOPTKP/NPTKP. Misalnya parameter-parameter dalam simulasi kredit ini adalah :

- harga rumah Rp.300.000
- tenor selama 15 tahun
- bunga pinjaman 14,6 %
- uang muka 30 %
- biaya provisi 1,5 %
- biaya appraisal Rp.500.000
- biaya administrasi Rp.450.000
- biaya notaris Rp.12.000.000
- biaya asuransi Rp.750.000
- nilai NJOPTKP/NPTKP Rp.60.000.000

Maka setelah menekan tombol Kalkulasi, layanan simulasi kredit rumah ini akan memberikan data pinjaman KPR secara lengkap seperti angsuran per bulan sejumlah Rp.Rp 2.881.813. Juga jumlah pembayaran pertama yang sudah dimasukkan biaya lain-lain dan pajak sebesar Rp 125.600.000.