Belajar Istilah Perbankan Lengkap di Situs Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) berkedudukan sebagai bank sentral Republik Indonesia dengan fungsi utama mempertahankan kestabilan nilai Rupiah baik untuk barang dan jasa maupun kestabilan dengan mata uang utama dunia. Agar fungsi tersebut bisa terwujud maka BI memiliki tugas membuat kebijakan moneter, mengatur kelancaran sistem pembayaran dan mengawasi bank-bank di tanah air. Untuk pengawasan perbankan nasional setelah tugas ini dipegang oleh Otoritas Jasa Keuangan maka tugas BI hanya mengatur bank-bank secara makro. Bank Indonesia lah yang berhak mengedarkan uang di Indonesia.


Untuk memberikan layanan informasi kepada publik maka BI meluncurkan situs bank Indonesia yang bisa diakses siapa saja dengan alamat di http://www.bi.go.id. Bank Indonesia menyediakan hak bagi seluruh rakyat Indonesia bisa memperoleh informasi lewat situs Bank Indonesia berdasarkan Undang-Undang serta ketentuan yang ada. Menu Layanan Informasi Publik adalah salah satu yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memahami tugas dan fungsi Bank Indonesia sekaligus mendapatkan informasi publik yang dipunyai institusi ini.

Lalu apa saja yang bisa diperoleh masyarakat saat mengakses situs Bank Indonesia ini? Apa saja yang berhubungan dengan dunia perbankan secara makro, moneter, perbankan umum, perbankan syariah, BI rate, kamus yang berhubungan dengan perbankan dan bahkan Pojok anak-anak yang memberikan penjelasan mengenai Bank Indonesia dalam bentuk komik yang tentunya sangat disukai anak-anak. Pada menu Tentang BI di situs Bank Indonesia misalnya pengunjung bisa mengetahui secara mendetil mengenai fungsi Bank Indonesia, Dewan Gubernur, Organisasi BI, Undang Undang BI dan sebagainya.

Masyarakat yang ingin mengetahui mengenai langkah-langkah yang dilakukan BI terkait kebijakan Moneter maka bisa mengunjungi situs Bank Indonesia  terutama menu Moneter. Di menu ini masyarakat bisa paham dengan sedetil-detilnya mengenai kerangka kebijakan Moneter, inflasi, operasi moneter, indikasi moneter, BI rate, suku bunga penjaminan dan lelang sertifikat deposito Bank Indonesia. Pengunjung pun bisa mengakses rilis berita terkini terkait dengan segala hal sepak terjang Bank Indonesia. Istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia bank secara umum pun bisa ditemukan pengertiannya di situs Bank Indonesia ini

Masyarakat pun bisa membuat permohonan Informasi Publik kepada BI secara resmi dengan menggunakan tata cara yang berlaku. Pertama masyarakat bisa mengirim email ke bicara@bi.go.id, kemudian bisa pula dengan datang ke Visitor Center BICARA. Pilihan selanjutnya adalah melengkapi form permohonan informasi yang dapat diunduh di alamat link http://www.bi.go.id/id/LIP/contents/formulir.aspx. Selanjutnya formulir permohonan informasi tersebut ke PPID BI dengan alamat Departemen Komunikasi Bank Indonesia cq. Unit Pelaksana PPID Jl. M.H. Thamrin No.2 (Gedung Thamrin) Jakarta 10350 atau di fax ke: (021) 386 1458. Permohonan Informasi akan dijawab paling lambat dalam 10 Hari Kerja. Namun bila diperlukan bisa ditambah hingga 7 Hari Kerja.