Menggunakan kode Bank BNI ke BCA Berikut Langkah-Langkahnya

Terima kasih kepada teknologi yang makin memudahkan kehidupan manusia. Tak terhitung lagi kemajuan teknologi yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti yang digunakan di dunia perbankan. Mesin ATM adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi itu. Jika dulu proses mengirimkan uang ke rekening bank lain tahapnya cukup berbelit dan tak bisa real time, kini hal tersebut sudah tak ada lagi. Seperti yang hendak kita ulas berikut ini yaitu melakukan transfer dari rekening di bank BNI ke rekening Bank BCA lewat ATM.

Syarat utama mentransfer sejumlah dana ke rekening bank lain yakni menyertakan kode bank tujuan transfer. Dalam masalah ini kita hendak mentransfer uang ke bank BCA maka dibutuhkan kode bank BNI ke BCA yakni 014 . Jika kita akan mentransfer uang dari BNI ke Mandiri maka dibutuhkan kode bank Mandiri 008. Itu berlaku untuk bank-bank lain. Proses mentransfer uang melalui mesin ATM BNI dengan tujuan ke rekening bank BCA adalah sebagai berikut :

- Masukkan kartu ATM BNI ke slot yang tersedia, ketikkan 6 digit nomor PIN.
- Dari layar yang terbuka pilih menu Transaksi Lainnya dan selanjutnya pilih menu Transfer dan dilanjut menu Transfer ke Bank Lain.
- Ketikkan kode BCA 014 diikuti mengetikkan nomor rekening bank BCA sebagai penerima dana transfer. Misalkan nomor rekening bank BCA yang dituju adalah 12345678 maka anda mesti mengetikkan dengan format : 01412345678.
- Selanjutnya tekan tombol Benar setelah sebelumnya mengecek kembali nomor rekening bank BCA yang diketikkan tadi.
- Ketikkan nominal uang yang hendak ditransfer selanjutnya pilih tombol Lanjutkan atau Benar.
- Ketikkan juga nomor referensi. Namun untuk yang ini anda boleh melewatkannya. Jika memang diwajibkan, anda bisa mengisinya dengan angka berapa saja terserah. Berikutnya pilih tombol Benar.
- Maka pada layar ATM akan memperlihatkan perincian transaksi yang hendak ditindaklanjuti, cek sekali lagi dan pilih tombol Benar.
- Kertas bukti telah melakukan transfer akan keluar, simpan baik-baik bukti tersebut.

Untuk proses transaksi dari bank BNI ke bank BCA ini anda akan dikenakan biaya admin bank sebesar Rp.6.500 untuk sekali transfer. Beda jika anda melakukan transfer antar sesama rekening bank BNI lain maka tak akan dikenakan biaya admin bank. Proses sampai dana transferan ke rekening bank BCA bisa hanya beberapa jam namun adakalanya juga bisa sampai sehari.