Langsung ke konten utama

Prosedur Pengaktifan Bank Mandiri Internet Banking

Teknologi informasi makin berkembang dan makin canggih. Kecanggihan teknologi pun merambah ke sektor perbankan yang salah satunya terlihat dari hadirnya layanan internet banking. Internet banking secara umum pengertiannya adalah penggunaan teknologi internet yang diterapkan pada aktifitas perbankan. Fitur perbankan terbaru ini pun sudah beberapa waktu lamanya ditawarkan oleh bank Mandiri. Bank papan atas milik pemerintah ini menghadirkan layanan internet banking untuk memudahkan para nasabahnya saat mereka ingin menjalankan berbagai jenis transaksi perbankan kapan saja.


Namun masih banyak keraguan dari para nasabah tentang pemanfaatan internet banking ini terutama soal keamanan dan fungsinya yang kurang lengkap. Kenyataannya layanan internet banking sangat lah aman sebab sudah ditambahkan prosedur keamanan berlapis lewat enkripsi data yang kuat sesuai standar internasional. Bank Mandiri internet banking sangat aman dan nyaman digunakan oleh setiap nasabah seiring dengan makin padatnya aktifitas keseharian mereka.

Bank Mandiri internet banking tak langsung aktif begitu seseorang membuka rekening di sana. Namun nasabah harus mendaftar terlebih dulu agar fitur tersebut aktif. Cara daftar bank Mandiri internet banking diberikan dua pilihan. Pertama dengan datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri dengan membawa buku tabungan bank Mandiri, kartu ATM dan bukti diri yang sah. Pihak customer service di sana akan segera mengurusnya dan nasabah akan bisa menggunakannya saat itu juga. Lengkap dengan alat token untuk alat pengaman tambahan saat transaksi yang melibatkan perpindahan dana di dalam rekening.

Cara daftar yang kedua dilakukan nasabah sendiri melalui mesin ATM bank Mandiri. Sesudah memasukkan kartu ATM, pada layar depan pilih menu Registrasi e-Banking. Langkah selanjutnya, pendaftar diharuskan membuat 6 digit Access Code sesuai dengan keinginannya. Buat kombinasi angka yang unik sehingga tak mudah ditebak orang lain. Kemudian pendaftar diminta memasukkan Access ID berupa 16 digit nomor kartu ATM Mandiri. Pendaftaran lewat ATM selesai, nasabah selanjutnya harus mengaktifkan di website bank Mandiri internet banking di alamat https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID.

Setelah laman terbuka, masukkan Access ID (16 digit nomor kartu ATM) dan Access Code pada kolom yang tersedia. Berikutnya nasabah diharuskan membuat sesuai keinginan User ID dan PIN internet banking. User ID dan PIN ini yang selanjutnya selalu digunakan untuk masuk ke sistem bank Mandiri internet banking. Sampai di langkah ini sebenarnya layanan bank Mandiri internet banking sudah bisa digunakan namun cuma sebatas fungsi cek saja. Misalnya untuk mengecek jumlah saldo, mengecek mutasi, mengecek jumlah tagihan dan lainnya. Agar bisa digunakan secara penuh maka nasabah harus memiliki token yang bisa diminta dengan datang langsung ke cabang bank Mandiri. Pertama kali menggunakan, token pun harus diaktivasi terlebih dulu di website internet banking bank Mandiri.



loading...
Theme Editor by Seo v6