Prosedur Umum dan Cara Transfer Uang Melalui ATM Bank

Suatu saat boleh jadi seseorang menemui kesulitan ketika akan mengirimkan uang melalui bank, contohnya hendak mengirimkan uang ke teman, orang tua ataupun anak mereka yang tengah berkuliah di daerah lain. Beruntunglah kini tersedia layanan bank yang memudahkan nasabah untuk urusan pengiriman uang yaitu mesin ATM. Cara transfer uang lewat ATM yang sangat mudah kini banyak dimanfaatkan kebanyakan orang saat membutuhkan.

Yang harus diingat ketika akan mengirimkan uang untuk seseorang lewat ATM adalah nomor rekening bank tujuan baik itu di bank yang sama maupun beda bank. Jika beda bank maka harus pula mengetahui kode bank dari rekening tujuan. Cara transfer uang lewat ATM jika bank tak sama bisa juga memanfaatkan ATM dengan logo ATM Bersama. Biaya yang dikenakan untuk transfer beda bank saat ini adalah Rp.6.500 untuk setiap kali transaksi.

Tata cara transfer uang lewat ATM pertama kali adalah memasukkan kartu ATM (jangan sampai terbalik) kemudian ketikkan nomor PIN yang dimiliki. Nomor PIN ATM terdiri dari 6 digit angka yang dbuat sendiri oleh pemegang kartu. Dilanjutkan dengan memilih bahasa pengantar (Indonesia atau Inggris). Pilih menu Transaksi Lain dan dilanjutkan memilih menu Transfer. Pilih akan mengirim ke bank yang sama atau transfer ke bank lain. Jika mengirim ke bank lain maka nasabah harus melihat dulu daftar kode bank. Kode bank diketikkan sebelum mengetikkan nomor rekening dari bank tujuan. Akhiri dengan menekan tombol Benar.

Cara transfer uang lewat ATM dilanjutkan dengan mengetikkan jumlah uang yang akan dikirimkan, lalu tekan Benar. Masukkan kode referensi dan jika tidak diisi maka tekan saja tombol Benar. Detil transfer akan ditampilkan sebelum dieksekusi, cek lagi nomor rekening dan nama pemilik rekening tujuan. Tekan tombol Ya/Benar jika memang sudah benar. Bukti transaksi berupa kertas print out akan tercetak, silahkan diambil dan jangan lupa untuk disimpan sebagai bukti sah saat diperlukan.

Cara transfer uang lewat ATM di atas berlaku untuk kebanyakan mesin ATM yang ada di Indonesia baik itu mesin ATM bank bersangkutan, ATM Bersama, ATM Prima, ATM Link dan ATM Alto. Selain menggunakan fasilitas lewat mesin ATM, mengirimkan uang ke nomor rekening lain yang saat ini juga cukup populer adalah SMS banking. Fitur perbankan yang satu ini cukup memanfaatkan fasilitas SMS yang ada pada ponsel. Hampir semua transaksi perbankan bisa dilakukan dengan SMS banking ini termasuk transfer uang ke rekening lain.