Cek Saldo Bank BRI Termudah, Gunakan Saja SMS Banking

Sepertinya tak ada orang yang tak kenal dengan bank BRI. Bank yang dimiliki oleh pemerintah ini ada dimana-mana bahkan hingga sampai ke pelosok desa dimana bank lain tak ada. Bank yang pertama kali berdiri di kota Purwokerto ini yang diprakarsai Raden Bei Aria Wirjaatmadja sebagai pendirinya. Kini bank BRI semakin maju pesat ditandai dengan dimilikinya aset hingga beberapa triliun Rupiah dengan jutaan nasabah yang mempercayakan dananya di sana.

Berbagai inovasi layanan terbaru dihadirkan bank yang sudah berdiri sebelum kemerdekaan RI ini. Salah satu yang cukup menarik adalah layanan SMS banking BRI. Nasabah tinggal mengirimkan saja perintah SMS ke 3300 saat mereka bertransaksi perbankan yang mereka kehendaki. Di samping itu nasabah pun bisa menggunakan aplikasi khusus yang diinstal ke ponsel yang digunakan. Dengan aplikasi SMS banking tersebut nasabah tinggal memilih menu-menu yang ada sesuai jenis transaksi yang diinginkan. Cara cek saldo bank BRI sangat mudah dilakukan jika menggunakan SMS banking BRI ini.

Agar bisa memanfaatkan segala kelebihan dari layanan terbaru bank BRI ini nasabah harus melakukan registrasi terlebih dulu. Pendaftaran sendiri dapat dilakukan nasabah di :

- Mesin ATM BRI
Menu layar yang ditampilkan, nasabah bisa memilih opsi 'Transaksi Lain' - 'Registrasi'. Ketikkan nomer hp yang akan digunakan sebagai sarana SMS banking. Pendaftaran pun akan meminta nasabah membuat sendiri PIN SMS banking yang terdiri dari kombinasi 6 digit angka. Nasabah yang sudah mendaftar di ATM BRI selanjutnya sudah bisa menggunakan fitur SMS banking hanya pada transaksi bukan keuangan seperti cek saldo bank BRI.
   
- Kantor cabang bank BRI
Registrasi di kantor bank BRI dilakukan nasabah jika menghendaki penggunaan penuh semua fitur SMS banking BRI. Termasuk di dalamnya digunakan untuk mentransfer sejumlah dana ke rekening lain, melakukan top up pulsa, melunasi aneka tagihan, membeli tiket pesawat dan sebagainya. Nasabah harus mengisi formulir pengajuan registrasi SMS Banking dengan melampirkan fotokopi KTP dan kartu ATM BRI.

Beberapa format penulisan SMS yang bisa digunakan untuk SMS Banking BRI misalnya :

- Cek saldo bank BRI dengan format : SALDO PIN contohnya : SALDO 654321
- Ganti PIN dengan format : PIN PIN lama PIN baru contohnya : PIN 123456 654321
- Top up pulsa dengan format : PULSA (nomer ponsel) (jumlah) (PIN) misalnya : PULSA 081325518876 50000 123456
- Bayar tagihan kartu kredit dengan format : BAYAR (nomer pelanggan) (PIN)
- Transfer dengan format : TRANSFER (nomer rekening tujuan) (jumlah) (PIN)

Selanjutnya SMS dikirim ke 3300. Biaya SMS bisa berbeda-beda sesuai kebijakan operator yang digunakan. Sementara biaya saat menerima SMS balasan sebesar Rp.500 untuk pengecekan. Sedangkan untuk transaksi transfer, pembelian atau pembayaran dikenakan biaya SMS Rp.1.000 saat menerima.