Kode Bank BCA (014) dan Tatacara Transfer Beda Bank

Pada masa lalu kegunaan ATM (anjungan tunai mandiri) hanya sebatas tempat mengambil uang saja. Seiring dengan pesatnya teknologi informasi, fungsi mesin ATM pun makin beragam. Terutama semenjak jaringan interkoneksi antara ATM Prima, ATM Bersama, ATM Alto serta ATM Link sudah bisa dijalankan. Beberapa tahun silam jika seseorang akan mengirim sejumlah dana dari bank Mandiri tujuan rekening bank BCA masih tidak dapat dilaksanakan gara-garanya beda jaringan ATM. Sebaliknya kini, melakukan transfer antar bank berbeda dan juga ke rekening bank luar sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk mentransfer uang beda bank dibutuhkan sebuah kode unik dari bank tujuan. Dalam kasus di atas, kode bank BCA mesti disertakan sebelum nomor rekening tujuan. Format yang digunakan saat berada di mesin ATM yaitu : kode bank BCA + nomer rekening BCA. Tiap-tipa bank memiliki kode bank tersendiri yang bersifat unik. Kode bank BCA sendiri yaitu 014. Sehingga jika nomer rekening tujuan di bank BCA tadi misalnya 1984012345 maka diketikkan : 0141984012345.

Mentransfer sejumlah dana dengan tujuan rekening BCA yang berasal dari rekening bank lain dapat juga dilakukan menggunakan fasilitas mobile banking. Bank Mandiri pun memiliki fasilitas ini yang dinamakan sebagai Mandiri Mobile. Yaitu layanan perbankan yang dijalankan cukup memanfaatkan ponsel yang sebelumnya di-instal aplikasi Mandiri Mobile. Memanfaatkan Mandiri Mobile, para pelanggan dapat melakukan transaksi perbankan sebut saja mengirimkan uang, melakukan pembayaran sejumlah tagihan, membeli pulsa seluler atau voucher TV prabayar, memeriksa sisa saldo rekening, melacak histori transaksi dan sebagainya.

Agar bisa menggunakan fasilitas ini setiap nasabah bank Mandiri harus mengunduh dulu aplikasi Mandiri Mobile mengikuti OS smartphone yang digunakan. Instal aplikasi ke smartphone, lalu lakukan registrasi dengan mengirim SMS ke 3335 dengan format : Reg Mobile. UserID dan password harus dibuat sendiri terlebih dulu untuk keperluan login. Khusus pengguna perangkat iPhone, selain password mereka pun diberikan one time pasword yang terkirim ke email Apple ID sebagai bentuk keamanan tambahan. Jika masih kesulitan dalam mengaktifkan layanan ini, customer service bank Mandiri di 14000 atau 021-52997777 siap membantu.

Antara bank BCA dan bank Mandiri pun kini para nasabah keduanya dapat mentransfer dana secara realtime. Charge yang dipotong untuk transfer beda bank ini pun cukup murah cuma Rp.5rb per transaksi. Setiap nasabah Bank Mandiri dapat menjalankan transaksi keuangan apa saja apakah itu pengecekan saldo, mentransfer ke bank lain dan lain-lain. Yang penting untuk diingat saat anda sebagai nasabah bank Mandiri akan mengirim uang ke rekening bank BCA, jangan lupa tambahkan kode bank BCA (014) sebelum nomor rekening tujuan di BCA.