Mengenal Tugas Customer Service Bank

Orang awam sering beranggapan apabila tugas customer service bank hanya menjadi sumber informasi produk dan layanan bank bersangkutan. Kendati pada kenyataannya tugas customer service bank lebih dari sekedar itu sebab mereka pun harus menangani setiap nasabah yang akan melakukan transaksi perbankan. Oleh karena itu seorang customer service bank diharuskan paham secara mendalam berkenaan dengan segala sesuatu yang menyangkut produk dan layanan bank. Bahkan customer bank pun mesti update dengan berbagai informasi terkini yang terkait ekonomi secara umum.


Seorang customer service bank bisa dikatakan sebagai bagian dari divisi marketing sebuah bank. Jika ada masyarakat yang datang dan bertanya tentang produk perbankan apa yang sesuai untuk dirinya maka CS bank harus mampu meyakinkan orang tersebut sehingga mau menjadi nasabah bank tersebut. Tugas customer service bank cukup banyak memang, namun secara umum bisa disebutkan sebagai berikut :

1. Sebagai seorang penerima tamu
Artinya customer service harus bisa berperan sebagai resepsionis bagi nasabah atau calon nasabah yang datang ke bank bersangkutan. Karena itu seorang CS bank mesti dipilih dari mereka-mereka yang berpembawaan ramah, menyenangkan, simpatik dan enak dilihat. Seorang customer service bank wajib memberikan perhatian penuh terhadap tiap nasabah yang berkunjung ke bank. Bisa berbicara menggunakan tutur kata yang lembut dan paling penting adalah sanggup memberikan penjelasan dan solusi terhadap semua masalah yang sedang dialami para nasabah. Tentunya menggunakan penjelasan yang dapat dipahami oleh nasabah.

2. Sebagai seorang Deskman
Tugas customer service bank yang ini yaitu menjadi perwakilan bank yang tangkas dalam menangani segala macam aplikasi yang dikehendaki oleh nasabah atau calon nasabah. Seorang CS pun mampu berperan menjadi penyedia informasi berkenaan dengan bermacam produk bank yang kemudian menawarkan saran produk bank yang dirasa pas dengan kebutuhan nasabah. Sesudah itu mereka pun harus mampu menjelaskan dengan gamblang setiap pertanyaan dari nasabah mengenai produk bank. Tak terkecuali saat nasabah mengalami kesulitan ketika mengisi formulir aplikasi pendaftaran suatu produk perbankan.

3. Sebagai seorang tenaga penjual
Termasuk juga tugas customer service bank adalah sebagai salesman yang mampu memasarkan berbagai produk dan layanan bank. Di sini bisa diartikan bahwa mereka harus mampu mendatangkan para nasabah baru dan juga dapat menjaga agar nasabah selalu loyal dengan bank bersangkutan. Customer service pun harus bisa mengatasi setiap permasalahan yang terjadi seperti misalnya nasabah yang mengajukan komplain.

4. Sebagai seorang Relation officer
Tugas Customer service bank ini artinya yakni seseorang yang mampu membina relasi yang baik dengan para nasabah.

5. Sebagai seorang juru bicara bank
Yakni seseorang yang mesti menemui nasabah dan selanjutnya memberikan penjelasan tentang setiap hal terkait aktifitas bank.