Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Berbiaya Murah Lewat MoneyGram

Dahulu mengirimkan uang kepada saudara atau teman membutuhkan waktu yang tak sebentar. Namun kini kita dapat melakukannya cuma butuh beberapa menit saja. Mengirim uang antar rekening bank dalam negeri saat ini memang bisa dilakukan dengan cepat namun bagaimana untuk transfer uang ke luar negeri? Tentu akan membutuhkan waktu lebih lama dengan biaya yang juga tak murah. Beberapa cara transfer uang ke luar negeri bisa dipilih oleh konsumen.

Satu diantaranya adalah menggunakan layanan Western Union yang tentunya sudah banyak yang mengenalnya. Namun kini ada pilihan lain cara transfer uang ke luar negeri yakni menggunakan layanan MoneyGram. Mungkin nama ini belum begitu akrab di telinga orang Indonesia. Namun layanan ini untuk wilayah Indonesia telah bekerja sama dengan bank CIMB Niaga sehingga akan makin memudahkan mereka yang akan mentransfer atau menerima uang dari luar negeri.

Sebelum menggunakan layanan ini seseorang sebaiknya membuka dulu rekening di bank CIMB Niaga sehingga akan makin memudahkan proses. Dengan memiliki rekening di bank CIMB Niaga maka seseorang yang akan mengirim uang lewat MoneyGram tak akan dibebankan biaya meterai. Selain itu dana pun bisa langsung di debet dari rekening tanpa perlu menyerahkan uang cash. Dan jika seseorang menerima kiriman uang dari luar negeri maka akan langsung masuk ke nomor rekening bank CIMB Niaga yang dimilikinya.

Tata cara transfer uang ke luar negeri lewat MoneyGram seseorang bisa mendatangi kantor cabang bank CIMB Niaga terdekat dengan membawa salah satu kartu identitas diri seperti KTP, SIM atau Paspor. Selanjutnya lengkapi form isian transfer uang. Serahkan form yang sudah dilengkapi tadi ke pihak bank CIMB Niaga beserta uang yang hendak dikirim plus biaya pengiriman jika memang belum memiliki rekening di bank CIMB Niaga. Namun bila sudah memilikinya tinggal membawa buku tabungan untuk diproses pendebetan saldo rekening. Pengguna kemudian akan memperoleh tanda terima dan nomor referensi atas transaksi yang dilakukan. Kirimkan nomer referensi yang diperoleh ke penerima transfer uang.

Dibanding dengan layanan Western Union, rate biaya yang dibebankan oleh MoneyGram lebih murah. Misalnya biaya untuk transfer uang hingga Rp.900 ribu maka akan dibebankan biaya Rp.100 ribu. Biaya transfer uang antara Rp.900 ribu hingga Rp.1,8 juta dikenakan biaya RP.135 ribu. Biaya pengiriman uang antara Rp.1,8 juta hingga Rp.3,6 juta adalah Rp.180 ribu dan seterusnya. Saat ini MoneyGram sudah mengkover layanan pengiriman dan penerimaan uang di 192 negara di seluruh dunia.