Tata Cara Transfer Uang dari BRI ke Mandiri Via ATM

Bank BRI dan bank Mandiri termasuk dalam keanggotaan ATM Bersama. Dengan begitu saat nasabah kedua bank yang akan melakukan transfer uang dengan tujuan antar bank itu bisa melakukannya dengan cepat. Bank BRI dan bank Mandiri adalah dua dari beberapa bank milik pemerintah (BUMN) dengan aset yang besar dan begitupun dengan nasabah yang dimiliki. Pasti suatu saat nasabah kedua bank akan membutuhkan transfer dana antar keduanya. Misalnya nasabah bank BRI yang ingin melakukan transfer ke bank Mandiri atau sebaliknya nasabah bank Mandiri yang hendak mengirimkan uang dengan tujuan rekening bank BRI.



Cara transfer uang dari BRI ke Mandiri selain bisa dilakukan di konter bank Mandiri terdekat dan juga bisa dilakukan di mesin ATM BRI atau mesin ATM Bersama. Bila ingin melakukannya di konter bank Mandiri, tinggal membawa sejumlah uang dan melengkapi slip setoran. Serahkan uang dan slip setoran yang sudah diisi ke petugas, dan transfer akan segera diproses. Untuk cara transfer uang dari BRI ke Mandiri di konter bank Mandiri ini seseorang tak harus memiliki rekening di bank Mandiri.

Sementara cara transfer uang dari BRI ke Mandiri lewat ATM BRI atau ATM Bersama bisa mengikuti prosedur berikut ini. Mula-mula masukkan kartu ATM BRI pada slotnya. Menu-menu yang tertampil salah satunya adalah Transaksi Lainnya, pilih dengan menekan tombol di sampingnya. Nasabah selanjutnya harus memilih menu Transfer dan dilanjutkan dengan memilih menu Bank Lain. Pada proses selanjutnya ini nasabah diminta untuk mengetikkan Kode Bank+Nomor Rekening Tujuan Bank Mandiri. Kode bank Mandiri adalah 008 lalu diikuti mengetikkan nomor rekening sebagai penerima dana transfer dari rekening bank BRI. Misalnya : 0081359879097927.

Langkah berikutnya adalah memasukkan jumlah uang yang akan ditransfer, cek kembali nominalnya dan bila keliru bisa mengapusnya dengan menekan tombol Clear. Jika sudah betul, tekan tombol Benar dan pada layar akan tampil menu untuk memasukkan kode referensi dari transaksi ini. Ini hanya bersifat opsional bisa diisi atau dengan mengosongkannya. Namun untuk tertibnya sebaiknya diisi misalnya diisi dengan tanggal dilakukan transfer untuk mengidentifikasi transaksi ini, contohnya : 31122015 atau yang lain. Kemudian tekan tombol Benar untuk melanjutkan langkah transfer ini.

Pada layar akan ditampilkan detail mengenai transaksi yang akan dieksekusi, cek kembali sebelum menekan tombol Benar. Selesai dan transfer uang dari BRI ke Mandiri langsung diproses oleh sistem, struk bukti transaksi akan dicetak. Simpan struk print out tadi untuk bukti transaksi yang sah. Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM dari slotnya.