Tatacara Menggunakan SWIFT Code Bank Mandiri BMRIIDJA

SWIFT code disebut juga dengan Bank Identifier Code (BIC). SWIFT code layaknya sebuah kantor pos dunia untuk semua bank di seluruh dunia saat mengirim dokumen transaksi ke bank lain. Saat mengirim surat di kantor pos maka pada sampul surat tentu akan ditulis identitas lengkap pengirim dan juga penerima. SWIFT code bersifat unik sehingga bisa sampai ke tujuan dengan tepat. Organisasi SWIFT memberikan identitas unik kepada tiap bank anggotanya. Dengan SWIFT code maka akan diketahui dengan jelas pengirim dan penerima dokumen transaksi antar bank.

Misalnya SWIFT code bank Mandiri adalah BMRIIDJA. Kode tersebut merupakan identitas unik yang disediakan lembaga SWIFT hanya untuk Bank Mandiri. Dengan begitu semua bank di dunia yang tergabung dalam SWIFT mengetahui jika memperoleh kiriman dokumen dengan kode BMRIIDJA itu berarti dari bank Mandiri. Misalnya seseorang di Indonesia akan menerima pembayaran dari rekan bisnisnya di New York. Pengusaha Indonesia itu sendiri hanya memiliki rekening bank Mandiri sementara rekan bisnis yang akan mengirimkan pembayaran hanya memiliki rekening CitiBank.

Maka pihak pengirim di New York harus tahu SWIFT code Bank Mandiri BMRIIDJA. Dan teller CitiBank akan memproses transaksi segera sebab ia sudah tahu dengan pasti kemana uang itu akan dikirimkan. Pihak CitiBank kemudian akan memberikan dokumen transaksi seperti berikut ini :

Sender: CITIUS33
Receiver: BMRIIDJA
Berita :
:32A:111116IDR100000000,
:52A: Arnold Bryan
New York
:59: Pak Arman
Jakarta

Dokumen transaksi dikirim CitiBank New York dengan SWIFT code CITIUS33 ditujukan untuk Bank Mandiri Jakarta dengan SWIFT code BMRIIDJA dengan perincian transfer dana dengan jumlah IDR100,000,000 dari Arnold Bryan di New York kepada Pak Arman Jakarta.

SWIFT code bank Mandiri dan juga bank-bank lain terdiri dari 3 bagian dengan keseluruhan huruf ada 8. Deretan 4 huruf pertama memperlihatkan kode bank terkait. Kode tersebut diberikan bank bersangkutan kepada lembaga SWIFT. Pada SWIFT code bank Mandiri terlihat deret 4 huruf pertama yakni BMRI. Bank Mandiri memberikan kepada SWIFT 4 huruf pertama. Sistem SWIFT siap melakukan konfirmasi apakah kode itu sudah digunakan atau belum. Dua deret huruf selanjutnya menunjukkan kode negara yang berdasarkan ISO yang sudah baku secara internasional. Dalam contoh SWIFT code bank Mandiri ini dilambangkan dengan kode ID sebagai kode untuk negara Indonesia. Dan deret 2 huruf seterusnya yakni kode lokasi yang ditentukan oleh pemerintahan negara dari bank terkait. Misal untuk SWIFT code bank Mandiri dua huruf terakhir adalah JA itu sebagai kode untuk wilyah Jakarta. Sementara dalam contoh SWIFT code CitiBank menunjukkan kode 33 yang berarti wilayah untuk kota New York.

Summary