Tatacara Penggunaan Kode Bank Permata Syariah Untuk Keperluan Transfer

Satu lagi institusi perbankan berlandaskan prinsip-prinsip syariah hadir di Indonesia. Bank Permata Syariah sebagai anak perusahaan bank Permata pertama kali menjalankan usahanya tahun 2004. Saat ini bank Permata Syariah diperkuat dengan 10 Kantor Cabang Syariah  dengan 241 Kantor Layanan Syariah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai umat Islam tentunya kita bisa mempertimbangkan bank yang satu ini sebagai lembaga kepercayaan dalam penyimpanan dana maupun kegiatan perbankan lainnya.


Sebagai salah satu institusi keuangan Islam terbesar di Indonesia, bank Permata Syariah menghadirkan produk dan layanan yang selalu didasarkan pada ketentuan-ketentuan Islam terutama adalah meninggalkan unsur riba. Produk andalan bank Permata Syariah yaitu Tabungan iB, KPR iB, Umrah iB dan PermataTel. Tabungan iB Permata Syariah memiliki keunggulan berupa bebas biaya administrasi bulanan, bebas biaya transfer online ke bank mana saja dan juga bebas biaya tarik tunai di jaringan ATM mana saja.

Boleh jadi rekan-rekan bisnis anda pun sudah memiliki rekening tabungan di bank Permata Syariah sebagai sarana bertransaksi bisnis mereka. Tahukah anda jika ingin mentransfer dana ke bank ini dari bank lain harus menambahkan kode bank Permata Syariah? Seperti juga tatacara transfer antar bank maka dibutuhkan kode bank tujuan transfer. Kode bank Permata Syariah adalah 784 yang harus dicantumkan saat melakukan transfer dana ke rekening bank ini baik itu melalui mesin ATM atau lewat e-banking.

Saat anda akan mengirimkan pembayaran atas transaksi yang anda lakukan ke rekening di bank Permata Syariah yang dimiliki rekan bisnis anda maka anda butuh kode bank Permata Syariah. Sebagai contoh anda akan mentransfer sejumlah uang ke rekening bank Permata Syariah dari rekening bank BRI yang anda miliki. Anda bisa melakukannya di ATM BRI. Pertama sekali pilih menu 'Transaksi Lainnya' setelah anda memasukkan kartu ATM BRI ke tempatnya. Lalu pilih opsi 'Transfer' dan selanjutnya pilih 'Bank Lain'. Ketikkan dengan betul kode bank Permata Syariah diikuti dengan nomor rekening bank Pertama Syariah tujuan. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut : 7840971001224 dimana 784 adalah kode bank Permata Syariah dan 0971001224 adalah nomor rekening tujuan di bank Permata Syariah.

Dilanjut dengan memasukkan berapa jumlah uang yang akan dikirimkan dan tekan tombol 'Benar' di samping layar. Akan diminta memasukkan kode referensi. Kode referensi silahkan diisi angka berapa saja, mengisikan nomor rekening anda pun boleh atau angka lainnya. Tekan tombol 'Benar' untuk memasuki proses selanjutnya. Detil mengenai transaksi ini akan ditampilkan, cek sekali lagi dengan teliti agar tak terjadi kesalahan. Bila ada yang perlu dibetulkan, klik tombol 'Clear'. Setelah semuanya betul, tekan tombol 'Benar'. Selesai, anda telah melakukan transfer uang dari bank BRI ke bank Permata Syariah, simpan struk transaksi untuk bukti.