Selasa, 01 Agustus 2017

Plus Minus Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Istilah Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau unsecured loans merupakan jenis pinjaman yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan kepada individu yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja tanpa penyerahan jaminan dari penerima pinjaman. Sejalan dengan meningkatnya pemegang kartu kredit di tanah air maka produk KTA ini pun kian merebak dan merupakan salah satu sumber pemasukan bank. Jika Anda mempunyai kartu kredit yang sudah digunakan setidaknya selama setahun pasti akan sering ditawari produk KTA ini dari beberapa bank.


Sayang di balik mudahnya mendapatkan, KTA memberlakukan suku bunga flat relatif tinggi yaitu 1 hingga 2,5 % setiap bulannya atau jika setahun antara 25 hingga 45 %. Sebagian besar masyarakat yang menggunakan kredit tanpa agunan ini menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif seperti untuk keperluan merenovasi rumah, tambahan pembelian kendaraan bermotor atau untuk biaya pesta pernikahan. Memang pinjaman yang satu ini orang tak perlu pusing memikirkan berkas persyaratan seperti pada pengajuan kredit usaha. Dengan KTA seseorang langsung dapat menerima uangnya seminggu setelah pengajuan kredit dilakukan.

Mari kita sedikit berhitung dengan kredit tanpa agunan ini. Contohnya seseorang mengajukan KTA di sebuah bank dengan plafon Rp.100 juta yang rencananya akan digunakan untuk membiayai pesta pernikahannya. Mengambil asumsi bunga hutang yang dikenakan yakni sebesar 1,5 %/bulan dan tenor mencapai 4 tahun (48 bulan). Dari data-data tersebut dapat dikalkulasi jumlah angsuran dan total semua pinjaman yang mesti dilunasinya.

Plafon pinjaman : Rp.100 juta.
Suku bunga kredit : 1,5 % / bulan.
Tenor : 4 tahun (48 bulan).
Cicilan tiap bulan yang mesti dibayarkan yakni : Rp.3.583.330 sehingga untuk 4 tahun orang tadi harus membayar : Rp.172.000.000. Dan kalkulasi yang Rp.172 juta tadi belum mengikutkan biaya provisi dengan besar mulai 1 sampai 3,5 %.

Sesuai dengan perhitungan di atas dapat dilihat bila seseorang mengajukan kredit tanpa agunan dengan plafon Rp.100 juta maka total uang yang harus dilunasi mencapai Rp.172 juta atau kira-kira 172 % dari pokok kredit. Yang pasti uang sebesar itu cukup besar dan tentunya sangat sayang jika hanya dipakai untuk kepentingan yang tidak penting.

Tetapi bila memang untuk kebutuhan urgen misalnya untuk uang kuliah anak yang mesti segera dilunasi, silahkan anda mengambilnya. Bank yang getol menawarkan kredit tanpa agunan ini salah satunya adalah bank Mandiri. Pinjaman dengan nama Mandiri Kredit Tanpa Agunan tersebut menawarkan limit pinjaman sampai Rp.200 juta dengan jangka waktu pinjaman sampai 3 tahun. Sedangkan untuk pegawai dimana pembayaran gajinya menggunakan bank Mandiri atau payroll maka akan ditawarkan tenor sampai 5 tahun. Dibebankan biaya kurang lebih 3 % sudah termasuk di dalamnya biaya provisi, biaya administrasi dan asuransi jiwa. Anda tertarik?
Plus Minus Kredit Tanpa Agunan (KTA) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum