Cara Daftar SMS Banking BRI Syariah

Kalangan yang saat ini mendambakan suatu layanan perbankan berbasis Syariah sepertinya tidak usah bingung lagi karena bank BRI pun mulai menyediakan unit bank Syariah yang dinamakan bank BRI Syariah. Lembaga perbankan yang menyandarkan usahanya menurut kaidah Islam tersebut pun segera melangkah dengan cepat menyelaraskan dengan setiap adanya teknologi terkini yang makin inovatif saja. Termasuk adalah diluncurkannya layanan SMS banking BRI Syariah dengan nama smsBRIS.

Fasilitas yang diperuntukkan untuk seluruh nasabah bank BRI Syariah tersebut menggunakan media hp yaitu dengan mengirimkan SMS persis seperti berkirim SMS kebanyakan. Cara daftar SMS banking BRI Syariah cukup dilakukan melalui ATM BRI Syariah. Saat berada di bilik mesin ATM, klik opsi 'Registrasi' dari tampilan di layar utama. Berikutnya klik opsi 'SMS Banking'. Proses dilanjutkan dengan mengetikkan nomer hp yang nantinya difungsikan bertransaksi lewat SMS banking. Sesudahnya nasabah diwajibkan membuat sendiri PIN SMS banking sebagai kombinasi 6 digit angka. Pilih kombinasi yang mudah diingat sekaligus tak gampang ditebak orang lain.

Proses pendaftaran selesai, nasabah bisa mengambil dan menyimpan kertas print out untuk bukti registrasi yang baru saja dilakukannya. Hingga langkah ini nasabah sudah dapat memanfaatkan berbagai menu smsBRIS namun sebatas pada transaksi non keuangan yang tidak mengikutkan adanya perpindahan uang. Beberapa fitur yang bisa dicoba seperti mengecek saldo rekening, mengecek histori mutasi, mengecek apa saja tagihan yang dimiliki dan fitur lainnya.

Nasabah yang menghendaki SMS banking BRI Syariah ini bisa digunakan melakukan transaksi finansial diantaranya mengirimkan uang, membuat pembayaran tagihan dan sebagainya untuk itu nasabah harus perlu meminta pengaktifan di kantor cabang bank BRI Syariah. Persyaratan yang mesti disertakan yakni KTP asli, buku tabungan, kartu ATM dan print out kesempatan melakukan registrasi di ATM BRI. Layanan smsBRIS akan segera diaktifkan secara penuh sehingga bisa digunakan bertransaksi dengn melibatkan perpindahan uang di dalam saldo rekening mereka.
Berikut syntax format SMS banking BRI Syariah untuk selanjutnya dikirim ke nomer 3338 :

- Mengecek saldo : Saldo[spasi][PIN]   
- Mentransfer : Transfer[spasi][Nomor Rekening Tujuan][spasi][Nominal]   
- Mentransfer dengan berita : Transfer[spasi][Nomor Rekening Tujuan][spasi][Nominal][spasi][Berita]   
- Melakukan pembayaran tagihan PLN : Bayar[spasi]PLN[spasi][Nomor ID Pelanggan]   
- Melakukan pembelian Token PLN Prepaid : Beli[spasi]Token[spasi][Nomor ID Pelanggan][spasi][Nominal]   
- Mengecek mutasi rekening : Mutasi[spasi][PIN]   
- Menu bantua : Help   
- Mengganti PIN : Ganti[spasi]PIN[spasi][PIN Lama][spasi][PIN Baru]