Langsung ke konten utama

Untung Rugi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Gara-gara terdesak kebutuhan untuk secepatnya membayar uang muka kredit rumah, sebagian karyawan perusahaan mengambil tawaran pinjaman uang tanpa jaminan yang disebut KTA (kredit tanpa agunan) dari bank-bank di Indonesia. Kredit yang satu ini memang instan, tidak perlu kelamaan menunggu sebab dalam 1 atau 2 minggu peminjam sudah akan menerima uang. Meskipun suku bunga kredit yang harus dibayarkan dapat mencapai 21 % per tahunnya tetapi toh tetap diambil untuk memenuhi kebutuhan urgen tadi. Pinjaman uang tanpa jaminan memang jadi pilihan praktis mendapatkan dana dari bank.

KTA selain bisa cepat dicairkan, kelebihan lain ialah angsuran yang dapat dibayarkan hanya dengan auto debet. Saat ramai terjadi kasus tunggakan kartu kredit yang penagihannya dilakukan debt collector sehingga minat memiliki kartu kredit menurun drastis, maka masayarakat banyak yang beralih ke pinjaman uang tanpa jaminan ini. Hanya bermodalkan KTP dan bukti slip gaji masyarakat berkesempatan mendapatkan kredit sampai Rp.200 juta dan bahkan ada bank yang mau memberikan plafon pinjaman hingga Rp.300 juta.

KTA merupakan produk perbankan utama setelah kartu kredit yang dijual untuk menaikkan pagu kredit konsumsi. Kredit tanpa jaminan pertama kali dipopulerkan tahun 1999 silam. Saat itu salah satu institusi bank Asing di Indonesia mengenalkan personal loan ini. Besarnya antusiasme nasabah dengan jenis hutang yang satu ini disebabkan beberapa hal antara lain longgarnya syarat yang dikenakan, iklan lewat berbagai media, promo di pusat keramaian dan mal dan juga dikenalkan di berbagai kantor pemerintah dan kantor perusahaan swasta. Tak heran jika banyak orang tergiur dengan tawaran manis ini yang seringnya bukan mendasarkannya pada kebutuhan namun keinginan.

Hampir setiap bank di Indonesia mengeluarkan paket KTA ini seperti bank Mandiri dengan tawaran 'Mandiri Kredit Tanpa Agunan'. Para nasabah yang ingin mengajukan KTA ini cukup menyediakan syarat-syarat berupa : KTP, berumur 21 - 55 tahun, penghasilan tak kurang dari Rp.2,5 juta untuk nasabah yang termasuk dalam payroll Bank Mandiri atau paling tidak berpenghasilan Rp.3 juta bagi nasabah lain. Plafon yang diberikan bisa mencapai Rp.200 juta dan tenor sampai 3 tahun. Khusus lagi untuk debitur yang juga memakai payroll Bank Mandiri tenor kredit bisa mencapai 5 tahun.

Bank lain yang juga menawarkan kredit jenis ini adalah bank Permata dengan nama PermataKTA. PermataKTA malah mau menyediakan pagu kredit sampai Rp.300 juta dengan jangka waktu kredit hingga 5 tahun. Pinjaman uang tanpa jaminan ini dijanjikan bisa cair cuma sehari saja yang langsung masuk rekening. Debitur PermataKTA pun langsung dikover oleh asuransi jiwa. Beberapa persyaratan yang harus dibawa nasabah adalah fc KTP, fc NPWP dan slip gaji dengan penghasilan minimal Rp.3 juta. Syarat lain adalah berumur 21 - 60 tahun dengan pembayaran angsuran menggunakan autodebet.


loading...
Theme Editor by Seo v6