Cara Daftar SMS Banking BCA Paling Gampang

Bila Anda adalah orang sibuk yang akan bertransaksi bisnis atau membeli barang via online kini tidak usah lagi repot-repot mencari mesin ATM BCA cuma untuk itu. Anda bisa menggunakan fasilitas SMS banking BCA untuk keperluan transaksi yang anda inginkan. Bahkan anda pun bisa mengecek saldo rekening bank BCA Anda setiap saat. Menggunakan SMS BCA Anda laksana memiliki ATM pribadi yang bisa digunakan kapan saja.


Agar anda bisa menikmati fitur menarik ini anda perlu mendaftar terlebih dulu. Cara daftar SMS banking BCA sendiri tak perlu waktu lama. Yang dilakukan hanya mendaftar di mesin ATM BCA. Dari menu utama di layar ATM tekan menu "Daftar E-banking/Autodebet". Selanjutnya tekan menu "SMS BCA". Sistem akan meminta anda mengetikkan nomor ponsel yang nantinya difungsikan untuk SMS banking. Kemudian anda pun akan diminta mengetikkan 4 angka kode akses yang anda buat sendiri sesuai keinginan. Ketikkan sekali lagi 4 angka kode akses tadi sebagai langkah konfirmasi dan tekan "Benar". Selanjutnya tekan "Ya" sebagai persetujuan penggunaan nomor ponsel. Kertas struk sebagai bukti pendaftaran akan keluar, simpan.

Sampai tahap ini anda secara resmi sudah terdaftar dan bisa menggunakannya namun hanya untuk keperluan transaksi non keuangan. Misal anda ingin melakukan cek saldo maka cukup kirimkan SMS ke 69888 dengan format : SALDO(spasi)Kode Akses misalnya : SALDO 1234. Untuk mengecek mutasi rekening formatnya : MUTASI(spasi)Kode Akses(spasi)No.rekening misalnya : MUTASI 1234 1234567890. Untuk keperluan transfer uang Anda harus mengurus di kantor cabang bank BCA dengan menghubungi Customer Service. Biaya pengiriman SMS yang dikenakan setiap kali bertransaksi sekitar Rp.900 untuk kartu GSM sementara untuk kartu CDMA Rp.500.

Hampir sama dengan SMS BCA, fitur e-banking lain yang dimiliki bank BCA adalah m-BCA. Fitur ini pun memanfaatkan ponsel sebagai sarana bertransaksi. Bedanya untuk m-BCA nasabah harus menginstal dahulu aplikasi m-BCA di smartphone yang dimilikinya. Menggunakan aplikasi m-BCA ini nasabah tinggal memilih menu-menu yang ada sesuai dengan kebutuhannya baik itu transaksi non finansial (Info Saldo,Mutasi rekening, Info Kurs, Aktivasi, ganti PIN, dll) atau transaksi finansial (Transfer antar rekening BCA dan antar bank, pembelian pulsa, pembayaran Kartu Kredit, Handphone, Telkom, Asuransi, Pendidikan, dll).

Cara daftar m-BCA pun dilakukan nasabah melalui mesin ATM atau kantor cabang bank BCA. Aktivasi sendiri dilakukan dengan masuk ke menu m-Admin di dalam aplikasi m-BCA. Bagi pengguna kartu XL fitur tersebut disediakan di menu Life In Hand /Layanan Data/XL Life. Bagi pengguna kartu Indosat fitur ini disediakan di menu Satelindo@ccess atau M3 Access. Sementara bagi pengguna kartu Telkomsel layanan tersebut ada di T-Sel Menu. Untuk aktivasi layanan transaksi finansial m-BCA harus dilakukan di kantor cabang bank BCA terdekat.