Tahu Banyak Perbankan Syariah dari Situs Bank Muamalat Indonesia

Tanggal 1 November 1991 berdiri bank Syariah pertama di Indonesia yaitu bank Muamalat yang digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pemerintah. Seiring dengan berjalannya waktu bank yang mendasarkan operasi usahanya pada prinsip-prinsip Islam ini kini mempunyai sekitar 2,5 juta nasabah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bank Muamalat Indonesia didukung dengan keberadaan 275 kantor cabang, 4 ribu Kantor Pos Online/SOPP, 32 ribu unit ATM sekaligus 95 ribu merchant debet. Bank Muamalat pun memiliki cabang di luar negeri yaitu di Malaysia tepatnya di kota Kuala Lumpur. Demi lebih mengenalkan bank ini ke masyarakat yang mayoritas sebagai muslim maka diluncurkanlah situs Bank Muamalat Indonesia.

Situs bank Muamalat bisa diakses pengunjung di http://www.bankmuamalat.co.id/. Harapan utama website resmi ini memang agar lebih mendekatkan ke masyarakat, dengan begitu mereka akan lebih mengenal produk dan layanan bank syariah yang satu ini. Membuka situs bank Muamalat Indonesia para pengunjung akan bisa mengetahui secara lengkap anek produk perbankan diantaranya produk pendanaan dan juga produk pembiayaan. Produk simpanan bank Muamalat terdiri dari : tabungan, giro dan deposito Mudharabah. Macam produk tabungan terdiri dari : Tabungan Muamalat iB, Tabungan Muamalat Dollar, Tabungan Muamalat iB Haji dan Umrah, Tabungan Muamalat Umrah iB, TabunganKu, Tabungan Muamalat Rencana iB, Tabungan Muamalat Prima iB dan Tabungan SimPel iB. Sedangkan produk giro terdiri dari Giro Muamalat Attijary iB dan Giro Muamalat Ultima iB

Sementara produk pembiayaan konsumen mencakup :  KPR Muamalat iB, AutoMuamalat, Dana Talangan Porsi Haji, Pembiayaan Muamalat Umroh dan Pembiayaan Anggota Koperasi. Produk pembiayaan modal kerja terdiri dari Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan LKM Syariah dan Pembiayaan Rekening Koran. Untuk produk pembiayaan investasi terdiri dari Pembiayaan Investasi dan Pembiayaan Hunian Syariah Bisnis.

Beragam layanan perbankan yang dimiliki bank Syariah ini pun dijelaskan secara detil dalam situs bank Muamalat ini. Tersedia penjelasan mengenai layanan SMS banking  yang dikenal dengan MBANK. Juga SalaMuamalat sebagai layanan Phone Banking yang bisa digunakan seluruh nasabah cukup menghubungi 500016. Dengan menghubungi SalaMuamalat maka nasabah bisa memperoleh informasi lengkap mengenai berbagai produk, mengecek saldo, mengecek transaksi dan bahkan mentransfer ke nomer rekening lain hingga Rp.50 juta. Atau menggunakannya untuk membayar Zakat, Infaq dan Shadaqah. 

Membuka situs bank Muamalat para pengunjung pun akan memperoleh informasi mengenai alamat lokasi ATM bank Muamalat serta alamat kantor cabang yang ada di sejumlah kota. Memanfaatkan situs bank Muamalat semakin lengkap dengan tersedianya fitur Kalkulator Syariah yang berguna untuk simulasi skema pendanaan dan pembiayaan. Ada fitur kalkulator KPR yang berguna menghitung besarnya cicilan yang mesti dibayar tiap bulan jika mengajukan kredit dengan plafon dan tenor tertentu. Seluruh menu yang tersedia di situs bank Muamalat ini tentunya untuk kemudahan para nasabah dan juga masyarakat pada umumnya.