Sebelum Mengajukan, Lakukan Simulasi Kredit Mobil Baru Seperti Ini

Ketika akan mengambil kredit mobil baru, sesuatu yang jangan sampai ketinggalan ialah membuat simulasi kredit mobil baru. Namun ada hal lebih penting yang harus dilakukan yaitu mengetahui dengan pasti kondisi keuangan Anda dan keluarga tanggungan anda. Jika keadaan keuangan tak memungkinkan tentu beresiko jika tetap memaksakan diri mengambil kredit mobil.


Hal pertama yang harus ditanyakan adalah apakah anda memang saat ini betul-betul perlu kehadiran sebuah mobil? Jika memang iya lalu tipe mobil seperti apa yang dibutuhkan? Dengan demikian Anda tak cuma asal saja mengambil kredit mobil baru, namun betul-betul akan membantu kelancaran mobilitas harian anda. Tak cuma menjadi simbol kemewahan yang terparkir di garasi rumah. Sekarang ini sudah banyak merek mobil baru murah dengan harga di kisaran Rp.100 jutaan. Memang fitur-fiturnya tidak sehebat kendaraan high end.

Hal lain yang juga harus ditanyakan adalah apakah anda atau anggota keluarga di waktu dekat ini akan memerlukan dana untuk biaya masuk universitas  anak misalnya? Bila belum tersedia dana khusus untuk biaya kuliah itu tentu sebaiknya anda harus menunda dulu membeli mobil baru. Hitung juga kemampuan anda dalam membayar cicilan per bulannya. Maksimal adalah 30 % dari gaji bulanan. Sedapat mungkin jumlah angsuran jangan lebih dari 30 % gaji sebab itu akan mempersulit pemenuhan kebutuhan setiap hari. Anda pun tetap harus menabung sehingga bisa memberikan rasa aman.

Untuk memastikan berapa besarnya cicilan yang harus anda bayarkan per bulannya maka saatnya anda melakukan simulasi kredit mobil baru. Beberapa lembaga keuangan baik itu bank maupun leasing biasanya memiliki fitur simulasi kredit mobil baru yang terdapat dalam website mereka. Seperti bank BCA atau BCA Finance memiliki fitur penghitung kredit mobil ini. Beberapa layanan lain pun bisa dimanfaatkan seperti di oto.co.id., acc.co.id, indomobilfinance.com dan sebagainya.

Pilih salah satu layanan simulasi kredit mobil baru tadi. Misalnya anda membuka website indomobilfinance.com, pada halaman depan silahkan klik pada menu SIMULASI. Beberapa parameter harus anda isi seperti harga mobil, uang muka (minimal 20 %), jangka waktu kredit dan rate suku bunga. Contoh anda hendak mengajukan kredit mobil baru seharga Rp.100 juta dengan uang muka 20 %, jangka waktu kredit selama 3 tahun (3 bulan) dan suku bunga kredit adalah 11 %. Setelah anda mengisikannya ke kolom-kolom yang tersedia dan meng-klik tombol Hitung maka akan keluar data-data sebagai berikut :

PERINCIAN KREDIT
Harga Kendaraan    
Rp. 100.000.000,00,-
Uang Muka    
Rp. 20.000.000,00,-
Pokok Hutang    
Rp. 80.000.000,00,-
Angsuran    
Rp. 2.955.555,56,-
Jangka Waktu    
36 bulan

Pembayaran Pertama
Uang Muka    
Rp. 20.000.000,00,-
Angsuran Pertama    
Rp. 2.955.555,56,-
===================+
Estimasi Pembayaran Pertama    
Rp. 22.955.555,56,-